Senin, 17 April 2017

Pengalaman menyenangkan selama bekerja di kapal pesiar

Pengalaman menyenangkan selama bekerja di kapal pesiar


Setelah mengetahui mengenai apa saja yang harus dipersiapkan sebelum bekerja dan berangkat ke kapal pesiar, tentu rasa ingin tahu mengenai pengelaman kerja di kapal pesiar semakin bertambah.
Di bawah ini akan disajikan mengenai pengalaman menyenangkan apa saja yang bisa di dapat selama bekerja di kapal pesiar.

1. Jalan-jalan ke setiap kota dan negara yang dikunjungi, Seperti yang sudah disebutkan di awal artikel, awak kapal pesiar atau orang yang bekerja di kapal pesiar diizinkan untuk turun ke kota atau ke negara tempat kapal pesiar berlabuh.Kapal pesiar biasanya berlayar 1 sampai 4 hari dalam seminggu. Biasanya pada saat awal-awal pemberangkatan dari Pelabuhan Induk atau Home Port kapal akan berlayar selama dua hari berturut-turut karena ini merupakan waktu bagi tamu untuk menikmati dan mengenali letak fasilitas yang ada di kapal pesiar. Untuk selanjutnya biasanya hari berlayarnya (sea day) tidak berturut-turut. Perlu diperhatikan bahwa tidak semua kru diperbolehkan turun dan jalan-jalan ketika kapal sedang berlabuh. Kru yang sedang bertugas tentu tidak diizinkan untuk turun. Namun, berdasarkan pengalaman kerja di kapal pesiar, kebanyakan kru atau awak kapal pesiar lebih memilih untuk beristirahat ketika sedang tidak bertugas meskipun kapal sedang berlabuh. Hal ini dikarenakan bekerja di kapal pesiar membutuhkan kondisi tubuh yang selalu fit.
2. Mendapat pelatihan berbagai jenis skill atau kemampuan. Mungkin kebanyakan orang masih beranggapan bahwa ketika sudah berada di kapal pesiar, satu-satunya hal yang dilakukan adalah bekerja. Namun ternyata ini tidak sepenuhnya benar. Meskipun awak kapal pesiar dituntut untuk bekerja selama 7 hari dalam seminggu, di sela-sela istirahat atau ketika diberikan masa libur oleh manajemen awak kapal pesiar akan diberikan banyak sekali pelatihan-pelatihan, seperti pelatihan mengenai keselamatan, cara menjaga lingkungan, pelatihan tentang kebersihan bahkan di kapal pesiar juga diadakan pelatihan belajar bahasa, komputer, manajemen dan lain sebagainya. Jadi ketika di kapal pesiar anda akan mendapat banyak sekali informasi-informasi dan ilmu-ilmu baru.
3. Dapat bersosialisasi dengan orang-orang dari berbagai negara. Selain tamu kapal pesiar yang datang dari berbagai negara, awak kapal pesiar pun berasal dari negara-negara yang berbeda, misalnya Thailand, Vietnam, India, Negara-negara di Eropa dan tentunya Indonesia. Dari sini anda dapat belajar bahasa baru, tradisi baru dan pengalaman-pengalaman baru.
4. Kemampuan bahasa inggris akan meningkat. Di kapal pesiar, anda benar-benar dituntut untuk berbahasa inggris selama di Area Tamu atau Guest Area. Oleh karenanya, lama-kelamaan anda akan terbiasa berkomunikasi menggunakan bahasa inggris sehingga kemampuan berbahasa inggris pun semakin meningkat.
5. Tidak akan kekurangan makanan dan minuman. Kapal pesiar pada dasarnya merupakan hotel yang terapung. Stok makanan dan minuman tentu sama atau bahkan lebih banyak dari pada hotel-hotel biasanya. Selain itu, kapal pesiar selalu mengisi stok makanan dan minuman ketika berlabuh di suatu kota atau negara. Oleh karenanya, sebagai awak kapal pesiar anda tidak perlu takut atau khawatir akan kekurangan makanan dan minuman. Selain itu, kantin yang disediakan untuk awak kapal pesiar biasanya buka 4 kali dalam sehari.
6. Terdapat fasilitas-fasilitas khusus untuk awak kapal pesiar. Selain mendapatkan tempat tidur, para awak kapal pesiar juga mendapat banyak fasilitas lainnya, seperti fasilitas olah raga, self service laundry, klinik kesehatan, pertunjukan film, kolam khusus awak kapal, arena bermain sepak bola dan masih banyak lagi. Para awak kapal tidak akan bosan bekerja di Kapal Pesiar.
7. Terdapat diskon bagi keluarga awak kapal. Jika keluarga kru hendak berlibur menggunakan kapal pesiar di tempat kru bekerja, ada harga khusus alias diskon yang akan diberikan oleh pihak manajemen. Tentu diskon ini akan menyesuaikan kondisi musim dan izin dari Hotel Director dan Chief Purser.
8. Ada fasilitas Rencana Pensiun (Retirement Plan) dan Pinjaman (Loan). Jika seorang awak kapal pesiar telah bekerja selama 10 tahun berturut-turut tanpa putus kontrak, maka pihak manajemen kapal biasanya akan memberikan penghargaan berupa pemberian uang Rencana Pensiun (Retirement Plan) dan Pinjaman (Loan) yang berbeda-beda jumlahnya di masing-masing kapal pesiar. Biasanya jumlah uang rencana pensiun minimal $7500.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar