Senin, 17 April 2017

Agar Tidak Gugur Berkali-kali Tes Masuk Sekolah Pilot

Agar Tidak Gugur Berkali-kali Tes Masuk Sekolah Pilot



Sama seperti halnya ingin masuk akademi kepolisan atau militer, masuk sekolah penerbangan juga harus melewati tes seleksi terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk mendapatkan seorang penerbang yang handal dan berkualitas. Adapun tahap-tahap seleksi yang mesti dilalui adalah tes administrasi, kesehatan tahap 1, kesehatan tahap 2, ilmu pengetahuan dasar, dan lain sebagainya. Dalam tahap seleksi yang dilangsungkan akan berlaku sistem gugur. Jadi, bagi para calon cadet pilot yang belum berhasil dapat dinyatakan tidak memenuhi syarat atau dengan kata lain gagal. Tentu saja harus punya banyak persiapan supaya bisa lulus dalam tahap seleksi tersebut. Apalagi dari ratusan calon cadet yang mendaftar kemungkinan besar yang diterima hanya segelintir sesuai dengan kuota atau kapasitas sekolah.

Namun, tidak sedikit calon cadet yang gugur meski telah mempersiapkan segala sesuatunya dari jauh hari baik itu data-data, kesehatan fisik maupun potensi akademik. Apakah Anda juga mengalami hal demikian? Jika iya, bila umur masih mencukupi jangan menyerah. Anda masih memiliki peluang untuk bisa mendaftar dan lulus di tahun berikutnya. Silakan Anda aplikasikan tips berikut:

Ketahui penyebab kegagalan

Para cadet yang mendaftar ke sekolah pilot, akan diseleksi administrasi terlebih dahulu. Tes ini dilangsungkan dengan tujuan supaya calon cadet yang mendaftar memenuhi syarat pendidikan, seperti umur, nilai UAS, dan kelengkapan data-data lainnya. Setelah itu baru dilanjutkan ke tes kesehatan baik itu tahap satu maupun dua, kemudian tes potensi akademik. Anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebab Anda dinyatakan gugur. Jika Anda gugur dalam tes kesehatan, besar kemungkinan Anda mengalami masalah kesehatan, entah itu gigi berlubang, amandel, buta warna, atau bahkan asam lambung, paru-paru basah, hipertensi, dan jantung.

Kesehatan yang kurang mendukung tentu saja membuat Anda gugur karena sangat tidak memungkinan untuk meniti karir sebagai seorang pilot yang resikonya sangat besar, di mana kalau penyakit menjadi kambuh saat sedang dalam penerbangan bukan tidak mungkin bakal membahayakan keselamatan tidak hanya diri sendiri, kru, tetapi juga penumpang pesawat. Namun jika Anda dinyatakan lulus administrasi dan kesehatan, tapi gugur pada seleksi akademik tidak menutup kemungkinan pengetahuan yang Anda miliki masih sangat minim, baik itu dalam bidang matematika, fisika, bahasa Inggris, maupun ilmu pengetahuan umum lainnya. Dengan mengetahui terlebih dahulu penyebab daripada kegagalan masuk sekolah pilot, maka Anda bisa menyiasatinya dengan baik.

Cari solusi

Setelah Anda dapat memprediksi bidang tes yang menyebabkan Anda gugur, Anda bisa mencari solusi terbaik untuk mengatasinya. Jika gugur di bidang kesehatan, silakan Anda lakukan check up. Jika mengalami masalah pada gigi misalnya gigi berlubang, maka dokter akan membantu melakukan penambalan. Begitu juga bila kotor karena adanya karang gigi, dokter akan menggunakan dental ultrasonic untuk menolong membersihkan karang gigi. Namun bila nyatanya Anda gugur di pengetahuan umum, tentu wawasan yang Anda miliki perlu ditingkatkan. Anda perlu belajar banyak pengetahuan semaksimal mungkin dari seluruh bidang studi yang dites. Bisa jadi Anda ahli dalam bidang fisika, tapi tidak di bahasa Inggris sehingga nilai menjadi kecil. Pandai juga yang terjadi malah sebaliknya, Anda sangat pandai dan fasih menggunakan bahasa Inggris, tapi untuk menghitung baik itu fisika maupun matematika nilainya rendah. Masalah ini bisa membuat nilai Anda menjadi anjlok sehingga dinyatakan tidak memenuhi syarat. Jika benar di bidang pengetahuan Anda gugur, Anda harus mengikuti kursus untuk segala bidang studi yang di tes.

Siapkan fisik dan mental dengan maksimal

Telah mengetahui penyebab ketidaklulusan masuk sekolah pilot dan sudah memperbaikinya, maka Anda bisa mempersiapkan fisik dan mental untuk mengikuti tes kembali. Usahakan agar Anda dapat menerapkan pola hidup sehat, hindari mengkonsumsi makanan dan minuman cepat saji, alkohol, rokok, apalagi obat terlarang. Prioritaskan mengkonsumsi buah dan sayur, biasakan diri untuk rutin berolahraga serta hindari begadang supaya kesehatan tubuh dapat terjaga dengan baik terutama pada saat pelaksanaan tes. Dengan mempersiapkan diri sebaik mungkin dari jauh hari, tidak menutup kemungkinan Anda bisa lolos pada tahap seleksi.

Kesempatan tidak akan pernah kembali, jika umur masih mencukupi dan finansial baik, mengapa tidak mewujudkan cita-cita menjadi seorang pilot. Namun, jika memang sudah kodratnya maka siapun tidak bisa menentang. Sebaiknya cari profesi lain yang memang mendukung dan baik untuk diri sendiri dan juga orang lain. Ingat, sukses bukan hanya keadaan di mana bisa menumpuk harta sebanyak-banyaknya, tapi sukses juga bisa diartikan sebagai kemampuan meningkatkan taraf hidup orang lain.

Ingin Lebih Mengenal Dunia Pilot Silahkan KLik http://sekolah-persiapan-menjadi-pilot.site123.me/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar