Reza Nurhilman
Bagi
yang belum mengenal nama ini, mungkin Anda lebih mengenal “kripik setan”
Maicih. Ya, Reza Nurhilman adalah nama pemuda yang berada di belakang produk
keripik singkong ekstra pedas yang populer itu. Reza memulai bisnis keripik
singkong ini pada pertengahan 2010 seorang diri saat berusia 23 tahun dengan
modal awal 15 juta rupiah. Untuk bisnisnya ini, ia menggandeng satu produsen
keripik lokal di Bandung.
Reza
mengawali bisnisnya ini dengan melakukan pemasaran sederhana, yakni melalui
platform media sosial, Twitter, sebelum mengembangkan sayap dengan menerapkan
sistem keagenan yang menggunakan istilah Jenderal agar produknya bisa menggapai
konsumen yang lebih luas. Para Jenderal ini memasarkan produknya dengan cara
berkeliling atau nomaden.
Pemuda
kelahiran Bandung 28 tahun yang lalu ini mengaku kunci kesuksesannya terletak
pada cara berpikirnya yang out of the box, yaitu dengan tidak membuka toko
seperti kebanyakan penjual sehingga membuat produknya eksklusif. Melalui Twitter, para jenderal memberitahu
informasi lokasi penjualan setiap harinya. Cara pemasaran yang cukup unik ini
terbukti berhasil mengangkat nama Maicih di dunia maya. Baru setengah tahun saja,
omzet Maicih bisa mencapai Rp7 miliar per bulan. Angka yang fantastis, bukan?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar